Kapolres Ponorogo Pimpin Latpraops Mantap Praja Semeru 2020 melalui Virtual

0
17

Wartaponorogo.com – Bertempat di Aula setempat, Polres Ponorogo menggelar Latpraops Mantap Praja Semeru 2020 secara Virtual yang dipimpin Kapolres Ponorogo AKBP. Mochamad Nur Azis, S.H., S.I.K., M.Si diikuti Forpimka Kecamatan yang mengikuti secara Virtual di masing masing Polsek. Rabu (02/09/20)

Dalam kegiatan tersebut hadir Pula Dandim 0802 yang diwakili Kasdim Mayor Inf. Muhammad Yusuf, Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni, S.H., M.H., Pejabat Utama Polres (Kasatgas) Pasi Ops Kodim Kapten Arm. Jamaludin, Kabid Kesbangpol Drs. Tri Marjanto, M.Si, Ketua KPUD Ponorogo H. Munajat, S.Mn, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo Muh. Syaifulloh, S.Ag.

Dalam sambutannya, Kapolres Ponorogo menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan bentuk Koordinasi dan silahturahmi sebelum pelaksanaan tugas dalam pelaksanaan pilkada Ponorogo sehingga dalam pelaksanaanbya nanti bisa berjalan dengan baik. Harus bisa saling berkoordinasi apa kerawanan-kerawanan yang akan terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Ponorogo sehingga dalam serangkaian pilkada mulai pendaftaran sampai pelantikan Polres Ponorogo dan Kodim 0802/Ponorogo sebagai pengaman jalannya pilkada bisa berjalan dengan baik, Serta dalam pelaksanaannya nanti meskipun masa pandemi jangan lupa untuk memperhatikan Protokoler kesehatan dengan selalu cuci tangan, pakai masker demi keselamatan kita bersama.” Ujarnya

Pemilihan Kepala Daerah sempat tertunda di karenakan Pandemi Covid-19, saat ini telah di tetapkan bahwa 9 Desember akan dilaksanakan Pemungutan Suara Serentak yang diikuti 270 Daerah di seluruh Indonesia. Tanggal 4-6 September nanti Tahapan Pemilukada 2020 sudah memasuki Pencalonan dan Verifikasi syarat pencalonan Bakal Bupati dan Cawabup dan pada tanggal 23 September KPU akan menetapkan Bakal Pasangan Calon yang akan mengikuti Pemilihan.

Kasdim 0802/Ponorogo juga menambahkan, “Pelaksanaan kegiatan apapun Kodim dan Polres selalu bekerja sama dengan baik kami dari TNI-POLRI siap mendukung jalannya Pilkada Ponorogo. Sehingga bisa berjalan dengan aman, nyaman serta Kondunsif. Kita harus saling berkoordinasi karena kegiatan ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama baik dari masing-masing instansi, sehingga kami dari TNI-POLRI bisa sama sama bekerja Dengan baik dalam bidang pengamanan yang perlu di garis bawahi adalah terutama kedisiplinan karena kalau sudah disiplin baik waktu maun aturan pastinya semua bisa berjalan dengan baik.”

Sebagai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memiliki tugas dan wewenang terhadap pelaksanaan Pemilukada 2020, termasuk Pencegahan dan Penindakan Pelanggaran dan sengketa Proses Pemilu.

“Kami akan selalu melakukan Pengawasan seluruh tahapan Pilkada, baik mengawasi Netralitas ASN, Maupun TNI-Polri juga pengawasan terhadap Kegiatan KPU. Bawaslu telah menyiapkan Personil sebanyak 2.599 Orang baik dari Komisioner sampai ke bawah yaitu Pengawas TPS dalam pelaksaan 9 Desember nanti, kita juga telah mapping Potensi Pelanggaran dalam pemilihan yang meliputi Konflik Horizontal, TPS rawan, Pemalsuan dokumen, Penggunaan Fasilitas Negara, Politik Uang, Ujaran Kebencian serta Netralitas ASN, TNI-Polri.” Tambah Muh. Syaifulloh Ketua Bawaslu

Lebih lanjut, Kapolres Azis menambahkan sebelum di akhirinya Kegiatan Latpraops Mantap Praja Semeru ini, “dengan adanya Latpraops ini merupakan suatu bukti bahwa Polres Ponorogo bersama Instansi terkait akan siap mengamankan jalannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo pada tahun 2020 secara Profesional, dan Pihak Kepolisian bersama Instansi terkait juga akan memberikan yang terbaik yakni memberikan rasa aman kepada masyarakat Ponorogo untuk menggunakan Hak pilihnya nanti. Saya juga menegaskan kepada seluruh Anggota Polres Ponorogo ataupun Anggota Polsek Jajaran untuk menjaga netralitas, Jaga nama baik Instansi, laksanakan tugas dengan keikhlasan hati. Saya juga mengajak masyarakat Ponorogo untuk tetap ikut serta dalam menjaga stabilitas Kamtibmas, jangan mudah terprovokasi berita yang belum tentu kebenarannya, jangan mudah terpancing berita yang dapat menimbulkan kegaduhan, bijak dalam menggunakan Medsos, Sharing sebelum share, jadikan Pemilukada tahun 2020 yang aman damai dan sejuk.” Pungkasnya (Ver)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here