Meriahkan HUT RI ke 75, Brigadir Pandito Aji ajak Masyarakat jaga Lingkungan

0
21

Wartaponorogo.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 75, tahun 2020 Lingkungan RT Supiturang melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Supiturang-Kutuwetan-Jetis menyelengarakan berbagai kegiatan lomba diantaranya mancing bersama dan lomba kebersihan rumah, Minggu (16/08/2020).

Seperti lomba kebersihan rumah, memperebutkan total hadiah Rp. 3 juta rupiah, dilaksanakan mandiri oleh Lingkungan RT Supiturang. Yang dinilai kebersihan, keindahan, kerapian dan kelestarian rumah masing-masing. Sedang mancing bersama, panitia menebarkan lele sebanyak 3 kwintal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Jetis, Pemdes Kutuwetan dan anggota DPRD Kabupaten Ponorogo. Pantaun dilokasi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan melibatkan satgas desa dan membentuk Kampung Tangguh Semeru di Lingkungan RT Supiturang.

Menurut ketua Lingkungan RT Supiturang Desa Kutuwetan Brigadir Pandito Aji Dewandaru, SH. yang juga anggota Kepolisian Polres Ponorogo, berbagai lomba tersebut digelar untuk menggugah semangat warga masyarakat dan tetap membudayakan yakni upaya pola hidup bersih dan sehat.

“Minimal sekarang dan seterusnya warga mau giat membersihkan rumah dan lingkungannya. Sehingga tingkat kesehatan masyarakat diharapkan terus meningkat,” ujarnya.

Sedang untuk kegiatan mancing bersama lanjut Dito sapaan akrabnya, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat secara umum untuk mengingat pentingnya biota sungai.

“Mereka perlu hidup dan berkembang, Jangan dirusak dengan sampah-sampah kita. Itu yang paling utama. Dan kemudian, sungai milik Kabupaten ini secara berkala akan dilestarikan. Supaya warga masyarakat yang berkunjung di Supiturang, Kutuwetan melihat sungai bersih, indah dan sejuk,” terangnya.

Sementara Komarudin Anggota DPRD Kabupaten Ponorogo dari Fraksi Golkar dalam sambutannya mengatakan, Ikon desa Kutuwetan ya di Supiturang sini.

“Momen ini bisa menjadi contoh daerah-daerah lain yang khususnya terlintasi sungai agar tetap memperhatikan kebersihan, keindahan dan juga kelestarian sungai. Daerah lain jika ingin melihat sungai bersih silahkan mencontoh RT Supiturang ini melalui Pokdarwisnya,” ungkapnya.

Selain itu, Komarudin juga berjanji akan mengkomunikasikan dengan lingkungan hidup tentang pengadaan Bak Truk Sampah. Untuk mengatasi masalah sampah kiriman dari Desa Wilangan-Sambit-Bangsalan-Bulu-Campurejo-Campursari yang bertahun-tahun menjadi kendala utama.

“Alhamdulillah ini teratasi berkat kegigihan Ketua Lingkungan RT Supiturang dalam menggerakan para pemuda sekitar untuk mengatasi masalah sampah dan melestarikan lingkungan. Kami memberikan apresiasi dan terimakasih setinggi-tingginya untuk Lingkungan RT Supiturang khususnya kepada Ketua Lingkungan Supiturang Mas Dito Aji yang juga sebagai anggota Polri ini,” tambahnya.

Harapan kedepan, desa Kutuwetan dusun Supiturang bisa menjadi ikon mancing maniak. “Ya minimal 1 bulan sekali diadakan even mancing, sehingga semua pemancing-pemancing bisa mengagendakan kegiatan tersebut. Dan tentunya ini bisa mengangkat ekonomi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Sementara itu Didik Saksono selaku Kades Kutuwetan sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Lingkungan RT Supiturang. Didik juga mengatakan bahwa RT Supiturang ini punya syarat untuk maju dan berkembang jauh lebih bagus lagi.

“Tentunya dengan Koordinasi dengan pihak Pemerintah desa, segala sesuatu yang dibutuhkan Lingkungan RT Supiturang akan difasilitasi desa. Hal tersebut dilaksanakan juga untuk kemajuan Desa Kutuwetan,” pungkasnya. (mny/ver)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here