Penyebaran Benih Ikan Lele Di Sungai Coban Pelangi Tumpakpelem

0
78

WARTAPONOROGO.COM-Sawoo – Bhabinkamtibmas Desa Tumpakpelem Bripka Iwan Yudyanto mengikuti penyebaran benih ikan di sungai Coban Pelangi, Dukuh Krajan, Desa Tumpakpelem, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jum’at (24/1/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kepala Desa Tumpakpelem ibu Atik S. selaku Pemdes Tumpakpelem dan warga sekitar sungai Coban Pelangi dengan tujuan agar mengembalikan ekosistem sungai yang telah lama rusak/berkurang menjadi hidup kembali.

Apalagi ditambah kawasan ini merupakan kawasan wisata dengan keindahan alam air terjun “Coban Pelangi” di desa Tumpakpelem, yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal kecamatan Sawoo maupun dari luar wilayah kecamatan Sawoo.

Tentu apabila keberadaan ekosistem airnya hidup kembali, akan menambah daya tarik wisatawan untuk menghabiskan waktu ditempat tersebut.

Dalam acara tersebut, Bhabinkamtibmas Bripka Iwan Yudyanto menyampaikan bahwa dengan penebaran benih ikan tersebut masyarakat telah ikut berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan alam. Tentang adanya Perdes tentang pengambilan ikan agar warga masyarakat juga ikut mematuhi dan juga menegur, melarang dan melaporkan apabila ada orang lain yg akan mengambil ikan dengan cara disetrum maupun jala ataupun dengan cara mengobat.

“Bahwa dengan penyebaran benih ikan ini diharapkan ekosistem disungai bisa terjaga dan hidup kembali. Serta diharapkan masyarakat sekitar ikut menjaga kelestariannya, sesuai dengan Perdes tentang larangan mengambil ikan dengan cara memakai strum, jaring ataupun dengan cara mengobat”, kata Bripka Iwan dalam sambutannya. (rb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here